Apa Itu Kulit Asli? Yuk, Kenali Ciri-Ciri Bahan Kulit Asli di Sini!

credit : canva

Bahan kulit sampai sekarang masih banyak ditemui dalam bentuk berbagai jenis produk. Mulai dari tas, jaket, sepatu, dan lain sebagainya. Saat ini ada dua tipe bahan kulit yang beredar di pasaran yaitu kulit asli dan sintetis atau palsu. Lalu, apa itu kulit asli? Untuk memahaminya maka Anda perlu tahu apa saja ciri-ciri dari material kulit asli itu sendiri.

Ciri-Ciri Kulit Asli

Material kulit yang asli akan memberikan prestige yang lebih tinggi bagi penggunanya. Selain itu harga bahan kulit asli juga biasanya lebih mahal dan kualitasnya jauh lebih baik. Berikut ini adalah beberapa ciri yang bisa Anda lihat dari bahan kulit asli:

1. Dilabeli Genuine Leather

Ciri yang pertama dan paling mudah untuk Anda lihat adalah label yang diberikan. Produk dengan bahan kulit asli akan dilabeli genuine leather. Label ini akan terpampang jelas pada produk yang Anda beli. Jika tulisannya genuine leather maka bisa dipastikan bahwa material tersebut berkualitas asli. Bandingkan saja dengan bahan kulit sintetis yang dilabeli synthetic leather.

2. Teksturnya Lebih Kasar

Bahan kulit yang asli memiliki tekstur yang jauh lebih kasar. Jika dibandingkan dengan kulit sintetis maka tekstur kulit sintetis jauh lebih lembut dan tidak memiliki guratan. Kulit yang asli memiliki pori-pori alami sehingga teksturnya akan teraba kasar. Selain itu kulit asli juga akan memiliki permukaan yang penuh dengan guratan sehingga menambah nilai estetikanya.

3. Hanya Menggunakan Satu Lapis

Material kulit yang asli tidak akan diberikan tambahan bahan atau lapisan lainnya. Saat diolah menjadi produk tertentu maka kulit asli hanya terdiri dari satu lapisan. Lain halnya dengan kulit sintetis yang terdiri dari beberapa lapis karena memang diolah dengan metode khusus. Meskipun hanya terdiri dari satu lapis namun kulit asli ini memiliki kekuatan yang sangat baik.

4. Punya Aroma Khas

Apa itu kulit asli? Jawabannya adalah kulit tersebut tidak dicampuri bahan-bahan atau material lain dan benar-benar hanya bahan kulit tersebut. Itulah mengapa jenis material kulit yang asli akan mengeluarkan aroma khas. Lain halnya dengan kulit sintetis yang memiliki aroma kimia.

Untuk masalah aroma ini memang tidak sembarang orang bisa membedakannya. Anda perlu berinteraksi langsung dengan produk-produk yang terbuat dari bahan kulit asli. Nantinya Anda akan mengenali dengan baik seperti apa aroma kulit asli yang khas dan tidak bisa ditiru.

5. Mudah Dilipat

Material kulit asli cenderung mudah untuk dilipat. Bahan kulit yang asli tidak seperti kulit sintetis yang kaku dan susah untuk dilipat karena kurang fleksibel. Selain itu, bahan kulit yang asli akan meninggalkan bekas setelah dilipat. Bekas tersebut biasanya berupa guratan dan akan meninggalkan perubahan warna.

Meskipun memang bisa dilipat, sangat tidak disarankan untuk melipat bahan ini apalagi jika sudah dibuat menjadi produk tertentu. Untuk menjaga kualitasnya, produk dengan material kulit asli sebaiknya dijaga agar tidak terlipat. Dengan begitu tidak akan ada bekas kerutan dan perubahan warna pada bahan tersebut.

Apa itu kulit asli? Kini Anda bisa menjawabnya lewat ciri-ciri material kulit asli yang bisa Anda lihat secara langsung. Bahan kulit yang asli tentunya akan jauh lebih awet dan memang berkualitas. Namun jika ingin menggunakan kulit sintetis juga sebenarnya tidak masalah. Pilihlah tipe kulit sintetis yang berkualitas dan memang layak untuk digunakan.

Sumber:

  • https://www.jd.id/news/insight/fashion-pria/ketahui-cara-mudah-membedakan-produk-leather-asli-dan-sintetis/#:~:text=Produk%20berbahan%20kulit%20asli%2C%20memiliki,cacat%20akan%20terlihat%20seperti%20plastik.
  • https://laundry.drop.id/blog/d-laundry/perbedaan-kulit-asli-dan-sintetis/

0 Response to "Apa Itu Kulit Asli? Yuk, Kenali Ciri-Ciri Bahan Kulit Asli di Sini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel