5 Tips Membuat Portofolio Investasi secara Efektif


Bagi seorang investor, adanya portofolio investasi sangatlah penting. Portofolio investasi merupakan kumpulan aset baik dalam bentuk saham obligasi, ekuitas, reksadana, deposito, maupun uang tunai. Tujuannya adalah untuk menghasilkan return atau profit baik dalam jangka waktu panjang maupun pendek. Portofolio ini juga akan menurunkan risiko kerugian karena adanya diversifikasi.

Membuat Portofolio bagi Investor

Semua aset yang masuk ke dalam portofolio memiliki potensi menghasilkan pertumbuhan return secara konsisten. Lalu, bagaimana caranya membuat portofolio ini? Penting sekali bagi seorang investor untuk memahami cara menyusun portofolio. Berikut adalah 5 tips membuat portofolio secara efektif dan menguntungkan:

1. Pahami Strategi Sistematis

Tahap pertama, Anda harus memahami strategi sistematis dalam pembuatan portofolio aset investasi. Strategi sistematis ialah tindakan membeli serta menahan aset sehingga bisa menghasilkan keuntungan jangka panjang secara optimal. Tak hanya demi mendapat keuntungan optimal, langkah ini juga dilakukan untuk menurunkan risiko kerugian sekecil mungkin.

2. Tentukan Alokasi Aset Investasi

Langkah berikutnya, Anda harus bisa menentukan alokasi aset investasi yang dimiliki. Agar bisa melakukan hal ini maka Anda harus tahu kondisi finansial pribadi terlebih dahulu. Harus bisa ditentukan juga tujuan investasi sehingga aset yang dimiliki dapat dialokasikan dengan mudah. Jangan lupa, pertimbangkan juga faktor lain yang berpengaruh seperti usia, jumlah modal, dan jangka waktu investasi.

Sebagai contoh, ada seorang anak muda yang ingin berinvestasi dengan modal terbatas dan tujuannya adalah untuk mempersiapkan dana pensiun. Dalam hal ini maka bisa dialokasikan jenis aset yang modalnya ringan, risikonya rendah, dan cocok untuk jangka panjang. Lain halnya dengan pengusaha kaya yang siap dengan risiko besar dan keluar modal dalam jumlah besar juga.

3. Pilih Gaya Investasi yang Cocok

Ingat, tidak semua orang bisa memiliki portofolio investasi yang sama. Hal ini sangat dipengaruhi oleh gaya investasi masing-masing orang. Jadi pahami dulu seperti apa gaya investasi Anda. Apakah Anda siap dengan risiko besar? Apakah Anda tipe orang yang konservatif dan tidak bisa mengambil instrumen investasi yang risikonya tinggi?

Perhatikan baik-baik kondisi finansial Anda dan kesiapan dalam berinvestasi.

 

Secara garis besar ada dua tipe portofolio yang bisa Anda gunakan. Pertama adalah portofolio agresif yang didominasi oleh aset-aset penuh risiko. Sementra itu ada potofolio pasif yang cenderung kaku dan sangat konservatif. Keduanya sama-sama baik asalkan sesuai dengan kondisi finansial dan profil risiko investornya.

4. Mulailah Membuat Aksi Nyata

Segera susun portofolio Anda dengan tindakan nyata. Bagi pemula, sangat disarankan untuk mengelompokkan investasi yang paling mendasar yakni obligasi serta ekuitas. Jika sudah semakin berpengalaman maka bisa dibagi lagi menjadi beberapa jenis investasi dengan return dan risiko yang bervariasi. Ingat, selalu pikirkan peluang return dan risiko di masa depan sebelum mulai berinvestasi.

5. Atur Komposisi Portofolio

Dalam menyusun portofolio ini Anda harus tahu seperti apa bobot komposisinya. Tentukan porsi masing-masing aset yang akan diinvestasikan. Mana yang porsinya paling besar dan mana yang dibagi lebih kecil lagi. Penentuan komposisi portofolio ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari situasi finansial saat ini, kebutuhan finansial yang akan datang, serta profil risiko.

 

Portofolio investasi jelas menjadi poin penting bagi seorang investor. Ini akan berpengaruh pada nilai return juga potensi kerugian yang harus dihadapi. Jangan lupa, susun diversifikasi investasi secara efektif dan realistis. Anda bisa memilih P2P lending sebagai salah satu instrumen investasi demi meningkatkan peluang return.

Sumber:

https://glints.com/id/lowongan/portofolio-investasi-adalah/#.YoET4KhBxhE

https://lifepal.co.id/media/portofolio-investasi/

0 Response to "5 Tips Membuat Portofolio Investasi secara Efektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel