Mengenal Gejala Penyakit Carpal Tunnel Syndrome

Carpal Tunnel Syndrome atau CTS adalah sebuah kondisi yang bisa berpengaruh pada tangan dan jari. Gangguan kesehatan ini bisa menghambat aktivitas penderitanya bahkan menimbulkan rasa sakit. Jika hal ini terjadi, maka konsultasi dengan dokter spesialis ortopedi adalah solusi terbaik. dr Lee Woo Guan bisa menjadi pilihan tepat untuk membantu mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Gejala CTS

Setiap penyakit pasti akan memiliki gejala tertentu. Begitu juga dengan kondisi CTS ini, ada beberapa gejala yang ditunjukkan oleh penderitanya. Jika menemui gejala-gejala tersebut maka sebaiknya Berikut adalah beberapa gejala dari penyakit carpal tunnel syndrome:

1. Muncul Nyeri di Bagian Lengan

Gejala pertama yang pasti muncul ketika penyakit ini menyerang adalah muncul rasa nyeri di bagian lengan. Nyeri ini bisa terasa ringan pada awalnya lalu berkembang semakin kuat seiring berjalannya waktu. Apalagi jika lengan digunakan untuk bergerak atau beraktivitas, biasanya nyeri tersebut akan disertai juga dengan sensasi rasa panas.

2. Tangan Terasa Kebas

Penderita CTS juga umumnya akan merasakan gejala kebas pada tangan. Sensitivitas tangan jadi berkurang dan kurang responsif terhadap berbagai rangsang. Bisa berupa rangsangan suhu, sentuhan, dan lain sebagainya. Kondisi ini juga bisa bertambah parah seiring berjalannya waktu, bahkan bisa benar-benar tidak terasa apapun jika sudah sangat parah.

3. Muncul Pembengkakan

Beberapa orang yang mengalami CTS juga akan merasakan gejala munculnya pembengkakan. Bengkak pada tangan ini bisa disertai dengan rasa sakit dan perubahan warna kulit jadi kemerahan. Selain itu bisa juga disertai sensasi terbakar pada area yang bengkak. Jika hal ini sudah terjadi maka sebaiknya segera konsultasikan ke dr Lee Woo Guan yang merupakan dokter spesialis ortopedi.

4. Kemampuan Jari Berkurang

Gejala lain dari CTS adalah berkurangnya kemampuan jari untuk bergerak dan melakukan berbagai jenis aktivitas. Jari jadi sulit dipakai untuk menunjuk sesuatu, mengetik, dan melakukan aktivitas lainnya. Gerakan sederhana pun akan terasa lebih sulit karena jari-jari memang jadi berat untuk digerakkan. Tentunya kondisi seperti ini sangat berbahaya dan harus segera dicari solusi yang tepat untuk mengatasinya.

5. Sering Kesemutan

Kesemutan juga menjadi salah satu gejala yang muncul saat seseorang menderita CTS. Kondisi ini biasanya akan terasa jauh lebih parah daripada kesemutan biasa. Selain itu kesemutan juga akan berlangsung untuk durasi yang cukup lama. Tentu saja ini akan sangat mengganggu aktivitas karena saat tangan kesemutan jadi sulit untuk digerakkan apalagi untuk melakukan hal-hal tertentu. 

Segera kunjungi dokter ortopedi yang bagus untuk melakukan konsultasi jika gejala-gejala ini Anda rasakan. Ini merupakan indikasi adanya penyakit carpal tunnel syndrome atau CTS yang berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Bahkan meskipun gejalanya masih terbilang ringan, jauh lebih baik untuk segera dikonsultasikan dan dicari solusi terbaiknya. 

0 Response to "Mengenal Gejala Penyakit Carpal Tunnel Syndrome"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel