Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Saat Proses Bayi Tabung


Pasangan yang sudah menikah tentunya mengharapkan kehadiran buah hati. Namun tidak semua pasangan diberi kelancaran memiliki momongan, alasan kesuburan sering kali menjadi momok masalah pasangan sulit memiliki keturunan. Untuk itu banyak pasangan yang melakukan program bayi tabung. Salah satunya ialah program bayi tabung RS Pondok Indah yang menghadirkan harapan memiliki buah hati, didukung oleh teknologi medis terdepan lengkap tersedia di RS Pondok Indah IVF Centre untuk memaksimalkan keberhasilan proses yang dijalani. Lalu untuk mendukung kelancaran program tersebut, ternyata ada beberapa pantangan makanan yang harus Ibu hindari. Apa sajakah itu? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

1. Fast Food

Siapa yang tak kenal dengan sebutan makanan cepat saji atau fast food? Hidangan yang satu ini sudah pasti tidak diragukan lagi soal rasanya yang enak. Terang saja makanan cepat saji banyak penggemarnya tersendiri, contohnya seperti fried chicken, pizza, burger, dsb. Namun makanan cepat saji harus dihindari saat masa kehamilan. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji dapat merusak pankreas, sehingga menyebabkan kadar gula darah naik dan meningkatkan kadar kebutuhan insulin di dalam tubuh. Makanan cepat saji juga dapat meningkatkan asupan lemak jahat dan dapat merusak kesuburan seseorang, untuk itu makanan ini sebaiknya dihindari saat proses bayi tabung.

2. Keju

Makanan kedua ini juga tak kalah populer dan memiliki banyak penggemar. Tentu saja dalam menjaga masa kehamilan tidak semua makanan dapat dengan mudah dikonsumsi dan baik kandungannya oleh tubuh. Perlu dicermati kalau semua jenis keju termasuk keju lunak, keju batang atau keju biru karena bisa memperburuk kondisi kesehatan saat sedang menjalani proses bayi tabung. Keju sendiri memiliki kemungkinan mengandung listeria yang bisa membahayakan ibu dan embrio, terlebih saat kondisi sistem imun melemah. Keju dan susu yang belum dipasteurisasi atau di sterilkan berpotensi mengandung bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

3. Telur Mentah dan Setengah Matang

Telur merupakan makanan yang sehat dah mudah diolah kedalam jenis makanan apapun. Terlur mengandung protein dan omega ya g bagus untuk kesehatan embrio janin. Namun kesehatan serta manfaat tersebut didapatkan jika memasak telur hingga matang sehingga memiliki nilai gizi yang sempurna bagi tubuh. Hindari mengonsumsi telur mentah atau setengah matang. Telur dalam keadaan setengah matang hanya akan mengandung listeria dan salmonella bisa menyebabkan keracunan. Kondisi kesehatan ibu hamil bisa menurun dengan cepat bahkan kemungkin terburuk mengalami keguguran.

4. Makanan Yang Dibakar

Saat ngidam memang ibu hami cenderung ingin mengonsumsi berbagai jenis makanan. Namun bukan berarti dapat sembarangan dan asal dalam mengonsumsi setiap jenis makanan. Makanan atau daging yang dibakar ada kemungkinan mengandung bakteri seperti salmonela. Bakteri dan sumber penyakit yang dirasakan ibu hamil setelah mengonsumsi daging dengan tingkat kematangan belum sempurna. Tak terkecuali juga makanan yang dibakar mengandung zat karsinogen yaitu zat pemicu kanker, jika dibiarkan dikhawatirkan akan menggagalkan proses bayi tabung.

5. Minuman Beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol harus benar benar dihentikan jika ingin proses bayi tabung berjalan lancar dan berhasil. Sebab minuman beralkohol dapat menurunkan kesuburan pada wanita dan pria. Kurangi juga mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan. Lebih disarankan jika perbanyak minum air putih ataupun jus buah yang segar.

Beberapa pantangan di atas sebaiknya dihindari jika dalam proses bayi tabung. Jika Anda berencana melakukan proses bayi tabung dapat mencari informasi salah satunya di program bayi tabung RS Pondok Indah seperti pada link berikut https://www.rspondokindah.co.id/id/center-of-excellence/pondok-indah-ivf-centre. Semoga artikel ini dapat membantu Anda, ya.

0 Response to "Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Saat Proses Bayi Tabung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel