6 Cara Mengatasi Mencret Pada Ibu Menyusui

obat sakit perut mencret,cara mengatasi mencret,obat sakit perut melilit dan mencret,obat diare ampuh,obat sakit perut mules dan mencret,obat alami mencret

Diare dapat terjadi ketika Anda sedang menyusui. Diare umumnya hanya berlangsung singkat dan biasanya tidak serius. Namun, ini bisa berbahaya jika Anda mengalami diare parah dan tidak memiliki cukup cairan dalam tubuh Anda. Jika Anda mengalami diare saat menyusui, Anda harus terus menyusui bayi Anda sesering mungkin. Anda mungkin perlu menggunakan ASI bahkan jika Anda mengalami diare. Bayi Anda juga bisa mendapatkan cairan ekstra dari makan makanan padat atau minum cairan selain ASI.

Penyebab Diare Pada Ibu Menyusui

Beberapa alasan bisa berada di balik diare pada ibu menyusui. Penyebab paling umum adalah intoleransi laktosa. Hal ini terjadi ketika tubuh kekurangan enzim laktase untuk mencerna gula susu (laktosa). Jika Anda memiliki kondisi ini, Anda mungkin mengalami mencret setelah makan atau minum sesuatu yang mengandung laktosa.

Ada beberapa kemungkinan penyebab lain dari mencret selama menyusui:

Diet rendah serat dapat menyebabkan sembelit. Serat membantu memindahkan limbah melalui usus besar Anda dan menjaganya tetap sehat dengan mencegah tinja yang keras yang mungkin tidak mudah keluar.

Sumber serat makanan yang baik termasuk biji-bijian utuh seperti beras merah dan roti gandum; kacang-kacangan seperti kacang hitam dan buncis; buah-buahan seperti apel dan pir; sayuran seperti brokoli; dan biji chia yang mengandung 15% serat larut per porsi!

Pastikan untuk mendapatkan setidaknya 25 gram (g) per hari dari sumber makanan - jika Anda membutuhkan lebih dari itu, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen juga karena mudah dikonsumsi saat menyusui! Berikut adalah 6 cara mengatasi mencret pada ibu menyusui:

Cara Mengatasi Mencret Pada Ibu Menyusui Dirumah

1. Minum lebih banyak air

Minum lebih banyak air. Dehidrasi dapat menyebabkan mencret pada ibu menyusui. Anda harus mencoba minum 8 hingga 10 gelas air setiap hari. Penting juga untuk menghindari kafein, alkohol, produk susu, dan makanan pedas karena dapat menyebabkan sembelit atau diare.

2. Tambahkan jahe ke dalam diet Anda.

Jahe adalah anti-inflamasi alami, yang dapat membantu mengatasi mual dan sakit perut. Jahe juga dianggap efektif untuk mengurangi diare pada orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS). Selain itu, jahe telah terbukti aman untuk ibu menyusui.

3. Buatlah buku harian makanan

Anda harus membuat catatan harian makanan dari semua yang Anda makan dan minum setidaknya selama seminggu, termasuk obat atau suplemen apa pun. Akan sangat membantu jika anda menuliskan waktu anda makan atau minum sesuatu sehingga anda tahu apakah itu sebelum atau sesudah menyusui. Hal ini akan membantu Anda untuk melihat apakah ada pola buang air besar Anda dalam kaitannya dengan waktu menyusui, serta kapan hal itu terjadi dalam kaitannya dengan makanan atau camilan lainnya.

Setelah menuliskan semua yang dikonsumsi selama seminggu ini, lihat kembali makanan apa yang mungkin menyebabkan mencret pada Anda dan bayi Anda (jika ada). Jika ada makanan tertentu yang menyebabkan reaksi ini lebih dari yang lain, pertimbangkan untuk menghindarinya sama sekali sampai gejalanya hilang sama sekali.

4. Makan probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang membantu pencernaan. Anda dapat menemukannya dalam yogurt, kefir, dan asinan kubis. Probiotik juga dapat dikonsumsi sebagai suplemen jika Anda memiliki intoleransi laktosa. Probiotik membantu mengatasi sembelit dan diare dengan mengurangi jumlah gas yang dihasilkan oleh bakteri jahat dalam sistem pencernaan Anda.

5. Jauhi makanan bergas

Untuk menghindari mencret, penting untuk menjauhi makanan bergas. Banyak orang mengalami ketidaknyamanan ketika mereka makan kacang-kacangan dan polong-polongan lainnya, yang dapat menyebabkan mencret dengan cara yang sama seperti brokoli.

6. Menjaga pola makan yang sehat dan berserat tinggi

Serat dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda bekerja dengan lancar. Serat juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik seperti zat besi, seng, magnesium, kalsium dan vitamin B (B1 Beras Merah Kukus; B2 Kentang Rebus). Makanan berserat tinggi juga baik untuk jantung dan kadar gula darah Anda.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu diare Anda. Untuk membantu meringankan diare, minumlah lebih banyak air. Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi dehidrasi dapat menyebabkan mencret. Pastikan Anda mendapatkan cukup cairan sehingga tubuh Anda tetap terhidrasi dan berjalan pada tingkat yang optimal.

Jika Anda mengalami mencret, menambahkan jahe ke dalam diet Anda dapat membantu meringankan gejala kondisi tersebut dengan menenangkan lapisan perut. Jahe adalah bahan umum dalam banyak masakan Asia dan dapat dengan mudah ditambahkan ke sup atau tumisan serta minuman seperti teh atau puding seperti puding beras.

Buatlah buku harian makanan jika Anda menyusui dan merasa sakit setelah makan; ini akan memungkinkan Anda untuk menentukan makanan mana yang mungkin menyebabkan masalah bagi Anda dan bayi Anda. Jika produk susu tampaknya memicu reaksi alergi pada sistem pencernaan anak Anda, menghilangkannya dari makanan mereka akan mencegah masalah lebih lanjut dengan produksi gas sekaligus membantu meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh mereka secara keseluruhan!

Ibu Menyusui Diare Apakah Berpengaruh Pada Bayi

Ada kekhawatiran bahwa mencret pada ibu menyusui dapat mempengaruhi bayi. Jika Anda berurusan dengan masalah ini, maka Anda harus tahu bahwa hal itu sama sekali tidak mempengaruhi bayi Anda.

Bayi tidak memiliki kontak dengan tinja Anda, jadi dia tidak akan memiliki masalah dalam mencerna ASI meskipun mengandung beberapa partikel makanan yang tidak tercerna. Jika ada masalah, itu akan lebih mungkin terjadi ketika seorang ibu mengalami diare dan muntah saat menyusui karena muntahan dapat berakhir di putingnya.

Jika Anda seorang ibu menyusui dan mengalami mencret, jangan panik. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu meringankan ketidaknyamanan. Ingatlah bahwa yang terpenting adalah menjaga bayi Anda tetap aman dengan menjaga asupan air dan mendapatkan nutrisi dari makanan sehat seperti probiotik atau akar jahe.

0 Response to "6 Cara Mengatasi Mencret Pada Ibu Menyusui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel